Recent Posts

Saturday, November 18, 2017

Lupa Pola / Password Kunci Layar? Ini Cara Mengatasinya




Lupa Pola / Password Kunci Layar? Ini Cara Mengatasinya – Fitur pengunci layar pada smartphone memang sangat bermanfaat. Dengan fitur ini kita bisa mencegah orang lain membuka dan melihat file-file yang bersifat privacy. Juga mencegah anak-anak mengakses konten-konten yang tidak seharusnya mereka lihat. Namun, adakalanya kita lupa dengan pola atau password yang telah kita buat.
cara-mengatasi-lupa-pola-password-kunci-layar

Kasus lupa pola kunci layar ini biasanya terjadi karena beberapa hal umum. Bisa jadi karena pola yang terlalu rumit sehingga susah diingat, baru saja menggunakan fitur pengunci layar sehingga belum terbiasa, atau baru saja mengganti pola yang baru dan belum begitu hafal dengan pola baru tersebut. Intinya yaaa.. lupa atau tidak tahu.
Tapi tenang aja, jangan langsung dibuang handphonenya. Jangan juga langsung dijual. Sayang banget kalau masih bisa saya pakai *eh. Mending pakai trik di bawah ini untuk membuka pola atau password layar yang lupa.

Forgot Password


Tombol forgot password atau lupa password ini muncul setelah beberapa kali percobaan masuk tapi gagal. Nah, ini adalah cara termudah untuk masuk ke system. Dengan syarat smartphone harus sudah terkoneksi dengan internet. Karena proses login ini membutuhkan jaringan internet agar bisa bisa mengaksesnya.
Langkah pertama, kamu klik forgot password/pattern. Isikan username dan password lalu tap sign in. selesai...
Kalau ternyata ponsel kamu belum terkoneksi internet, mungkin kamu bisa coba cara kedua nih. Tapi juga harus dengan syarat, paling tidak sudah punya paket data atau pulsa untuk mengaktifkan internet. Kalau tidak keduanya, bisa juga melalui jaringan WiFi.


Mengakses Forgot Password dari Setting


Dari menu setting? Gimana caranya?
Nah, jadi kita memanfaatkan handphone lain nih. Buat panggilan ke HP yang lupa kunci layarnya dengan HP yang lain tadi. Angkat telepon tersebut dan biarkan menyala lalu tekan tombol home dan masuk ke menu setting. 
Langkah selanjutnya, tentu saja menyalakan mobile data atau turn on WiFi connection. Setelah terkoneksi internet lanjutkan sign in seperti pada cara yang pertama tadi.


Factory Reset


Jika kamu lupa username atau password atau bahkan keduanya, ini adalah cara terakhir yang bisa ditempuh. Factory reset artinya menghapus seluruh data dan settingan pada handphone menjadi seperti keadaan awal/baru. Itu artinya file-file, aplikasi, data, dan lainnya yang ada di memori internal akan hilang.
Lalu bagaimana caranya agar bisa memindahkan data di memori internal ke memori eksternal lebih dahulu?
Seperti pada cara yang kedua. Kamu bisa melakukan panggilan, lalu angkat dan biarkan menyala. Kemudian akses storage dan pindahkan file-file yang sekiranya penting ke memori eksternal.
Setelah selesai memindah, langkah selanjutnya tab menu setting lalu cari letak menu factory reset. Letak menu ini bisa berbeda-beda setiap merk smartphone. Untuk ponsel Xiaomi, kamu bisa mencarinya di About Phone (tentang ponsel) – system update (pembaharuan  system) lalu klik tanda titik 3 di pojok kanan atas – reboot to recovery mode – factory reset. Selesai.
Tunggu beberapa saat sampai handphone menyala dengan sendirinya. Lalu lakukan kalibrasi dan pengaturan sesuai yang diinginkan.
Fitur pengunci layar memang sangat bermanfaat dan penting untuk menjaga keamanan ponsel. Tapi, bukan tidak mungkin kita lupa dengan password atau pattern yang sudah kita buat sendiri. Sekedar saran, jika tidak ada file yang begitu penting atau bersifat rahasia sebaiknya tidak perlu menggunakan pengunci layar. 
Terima kasih telah membaca trik membuka pola /password kunci layar. Jangan lupa subscribe artikel Tekino , share dank komen di kolom di bawah ya.

    Choose :
  • OR
  • To comment
2 comments:
Write komentar
  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-brightening/

    ReplyDelete

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.