Blog Seputar Gadget dan Tekno

Nasib Ngeblog di Era Vlog; Catatan Akhir 2018


Nasib Ngeblog di Era Vlog; Catatan Akhir 2018 - Blog ini lahir sekitar tahun 2014. Sampai saat ini belum bisa dikatakan sebagi blog yang sukses. Malah mendekati kategori blog yang gagal. Kenapa saya katakan gagal? Salah satu alasannya adalah karena blog ini mengalami penurunan viewer yang sangat signifikan ketika dia baru “akan” berkembang.

Dan sejak 2016, admin blog ini sudah tidak aktif lagi ngeblog. Selain karena kesibukan, admin juga mulai untuk malas mencari bahan postingan.

Setelah sekian lama, mumpung masih libur tahun baru, akhirnya hari ini admin iseng-iseng untuk mengisi blog. Tapi bukan mau membahas gadget nih teman, melainkan cuma mau berceloteh receh aja.

Di masa aktif-aktifnya ngeblog pernah dulu saya baca ada blogger-blogger yang sukses dengan blognya. Ga cuma sukses karena blognya ramai kunjungan, tapi mereka juga sukses meraup dollar dari Google Adsense. Sebut saja blog Maxmanroe, juragancipir, dan masih banyak lagi. Dan sejujurnya, itulah yang membuat saya semakin bersemangat ngeblog dulunya.

Nah, sekarang saya jadi bertanya-tanya, apakabarnya ya mereka. Apakabar pula blogger-blogger newbie seperti saya yang berusaha mencari peruntungan di Google Adsense. Apakah yang newbie sudah sukses? Apa para senior juga semakin sukses?

*Sementara saya sendiri semakin terpuruk, hiks .... :(

Mengingat bahwa tahun-tahun terakhir ini jagat internet Indonesia sudah jauh berkembang. Dari sosial media saja yang dulunya facebook, sekarang banyak yang beralih twitter, lalu ke instagram. Bahkan youtube, sejak adanya monetasi konten, sekarang penuh sesak dengan youtuber-youtuber yang berusaha cari duit melalui videonya.

Ga heran kalau sekarang youtube kontennya sangat variatif. Dari video-video yang unik, kreatif sampai acara gosip pun sekarang masuk ke youtube.

Manteman pasti juga sudah ga asing lagi dengan istilah Video Blog atau lebih dikenal dengan VLOG. Vlog itu sejenis video yang naratornya nongol di video. Yaa.. kayak liputan-liputan di TV yang presenternya ngomong di depan kamera, seolah-olah kamera itu adalah penontonnya. Nah yang ngevlog itu namanya vlogger.

Vlogger yang suka bikin video gaming namanya gaming vlogger, yang bahas makeup beaty vlogger, suka jalan-jalan travel vlogger, dan banyak deh macamnya ger-geran itu.

Google pun tampaknya sangat menaruh perhatian pada youtube. Terbukti dari pemberian silver button dan gold button pada youtuber dengan jumlah subscriber yang mencapai ratusan ribu.

Dan sama seperti blog, channel youtube juga membutuhkan visitor untuk menghasilkan uang. Bagi channel yang punya jutaan subscriber dan jutaan views, tentunya akan sangat mudah meraup puluhan bahkan ratusan juta tiap bulannya. Sebut saja channelnya Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, dan youtuber-youtuber populer lainnya.

Saking suburnya ladang Youtube di Indonesia, orang asing pun juga berlomba-lomba untuk membuka lahan di Indonesia. Tak perlu disebutkan lah yaa.. lha wong setiap buka youtube kebanyakan judul yang masuk timeline sejenis, “ Reaksi orang bule/orang korea/orang jepang nonton .artis Indonesia”

Banyak deh judul-judul model begitu. Karena orang negara lain tau, betapa ramainya pengguna internet di Indonesia. Yang memang internet di Indo itu alokasinya paling banyak ke jejaring sosial.

Kok saya jadi mikir ya, gimana nasibnya para blogger? Apa blog mereka masih ramai atau justru berkurang? Apa mereka masih ngeblog atau justru sekarang ngevlog?

Karena ya sekarang ini, ngeyutub tampak lebih menguntungkan ketimbang ngeblog loh. Berapa banyak sih sekarang pengguna internet yang browsing di search engine terus nyari informasi di blog? Bahkan sekarang cari informasi pun pindah ke youtube.
0 Komentar untuk "Nasib Ngeblog di Era Vlog; Catatan Akhir 2018 "

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.

Back To Top