Siapa Bilang Baterai Tanam Tidak Bisa Dilepas?

Siapa Bilang Baterai Tanam Tidak Bisa Dilepas? – Sejak 2015 lalu pabrikan gadget dan perangkat mobile seperti Asus sedang tren-trennya bikin smartphone dengan model baterai tertanam atau dalam bahasa bule-nya unremovable. Nah, katanya baterai ini tidak bisa dicabut kecuali dengan ngebongkar casing hangphone itu. Mimin sendiri mulai dengar model baterai begini sejak diluncurkan Asus Zenfone. Ternyata model baterai unremovable ini emang lagi booming gak hanya di dunia smartphone. Laptop pun juga udah banyak yang pakai model baterai jenis ini.
Dengan alasan bahwa baterai tanam ini lebih awet daripada baterai removable, dan alasan “lebih modis”, banyak vendor perangkat elektronik mulai mengadopsinya. Tak terkeceuali Asus dengan zenfone seriesnya. Tekino sendiri pernah membahas tentang baterai unremovable ini sebelumnya.
Mungkin kita bakal mengira kalau yang namanya baterai tanam atau unremovable itu benar-benar tidak bisa dibuka. But, wait. Kan belum dicoba maan. Emang beneran sesusah apa katanya ya. Masak iya harus bongkar pasang mesin segala.
Bermodal Asus Zenfone pinjeman, mimin coba-coba buat utak-atik barangkali bisa nyongkel dalemannya si zenfone. Eh. Emang sedikit (banyak ding) bersusah payah sih buat buka casing belakangnya. Atau akunya aja yang terlalu lunglai buat ngebukanya. Maksa dikit, untung aja gak pecah.
Dan ketika casing belakang terbuka, langsung kelihatan tuh sekotak baterai lebar memanjang hampir memenuhi punggung handphone. Rasa kepo pun mulai memaksa jari untuk mencongkel kotak hitam itu.
Agak ragu sih. Takutnya kalau emang baterai itu unremovable beneran nantinya bakal susah diambil. Dan walhasil bukannya berhasil ngeluarin baterai tapi malah ngerusakin. Kan berbabe.
Tapi yaudahlah coba aja. Rusak mah ga apa-apa. HP temen doang sih. Haha. Dan setelah nyoba nyongkel. Bukannya dapat perlawanan serius, eh tuh baterai meloncat dengan gampangnya keluar dari liang kuburnya. Beneran, gampang banget keluarinnya.
Lah, terus bedanya apa dong? Kalau yang removable atau yang unremovable masih aja bisa di-remove dengan mudahnya kayak gitu. Ga ada tenaganya sama sekali (kecuali pas buka casing). Apa emang sebenarnya sama aja? Atau aku aja yang gagal paham?
Kalau baterai laptop yang unremovable sih udah tau. Kalau laptop aku dulu emang baterainya bisa dilepas gitu aja karena ada di luar. Nah, kalau model laptop dengan baterai unremovable itu baterainya di dalam. Jadi kalau mau melepas ya harus buka casing dulu. Kalau unremovable battery itu sebatas itu doang aplikasinya, terus kenapa juga istilah ‘unremovable’ itu dipakai buat smartphone. Kan daridulu baterai handphone itu ada di dalam casing.
Oke, entah gimana pengertian dari baterai tanam ini. Yang penting, dan intinya, yang namanya baterai tanam atau baterai unremovable pada handphone itu masih bisa dilepas. Udah gitu aja. 

Advertisement

1 Response to "Siapa Bilang Baterai Tanam Tidak Bisa Dilepas?"

Pembaca yang baik akan meninggalkan coretan di kolom komentar. Silakan sobat menuliskan pesan, kesan, kritik maupun pertanyaan terkait artikel di atas. terima kasih.