Recent Posts

Wednesday, February 18, 2015

Kenali Apa Itu Baterai Double Power

Kenali Apa Itu Baterai Double Power – Mungkin sobat sering melihat iklan-iklan di sosial media seperti facebook, kaskus, dsb yang menawarkan baterai berkapasitas lebih besar tapi dengan bentuk yang sama dengan baterai original. Memang bentuk dengan kapasitas baterai itu berpengaruh ? iya gan. Volume baterai ada pengaruhnya pada kapasitas baterai. Semakin besar volumenya, kapasitasnya juga makin tinggi. Kecuali pada jenis baterai tertentu yang memang dirancang lebih baik.

Baterai yang berkapasitas lebih besar dari baterai asli (bawaan) tersebut biasa disebut “baterai double power”. Jadi, baterai double power adalah baterai yang memiliki kapasitas lebih besar daripada baterai asli bawaan HP. Nah, mungkin dari sini sobat sudah sedikit paham tentang perbedaan baterai biasa dengan baterai double power. Di atas kertas, mungkin baterai double power lebih unggul karena memiliki kapasitas yang besar dengan bentuk dan ketebalan yang nyaris sama dengan baterai bawaan.
Tapi, sobat perlu berhati-hati dalam memilih baterai double power. Karena meskipun tertulis berkapasitas lebih tinggi belum  tentu kenyataannya pun demikian. Misal, jika baterai original sebuah HP M adalah 1500 mAh, baterai double power merk X bisa jadi dilabeli kapasitas 2000 mAh dan double power Y 3000 mAh. Ketiga baterai tersebut memiliki form yang sama, dan ketebalan yang mungkin tidak berbeda jauh. Padahal kita tahu, untuk kapasitas yang lebih besar tentu membutuhkan volume yang lebih besar pula. Volume suatu benda tentunya dipengaruhi oleh ukuran atau dimensi dari benda tersebut.
Sudah menemukan keganjilannya? Tentu sudah kan. Nah, maka dari itu kita harus pintar-pintar membeli baterai double power. Bisa jadi, baterai double power merk tertentu memang memiliki kualitas yang baik dan tidak berbeda jauh dari apa yang tertera dalam labelnya. Namun, ada pula baterai double power yang kualitasnya sangat buruk. Dan jika digunakan tentu dampaknya pada handphone sobat.
Sebelum membeli sebaiknya sobat mencari review tentang baterai double power yang bagus dan cocok dengan handphone sobat. Jika perlu gunakan alat khusus untuk mengecek kapasitas sebenarnya dari sebuah baterai.
Cara mengecek kapasitas baterai bisa dengan menggunakan alat yang disebut battry analyzer. Cara kerjanya adalah sebagai berikut:
Mula-mula baterai HP dicharge sampai penuh. Setelah penuh dengan tegangan 4.2 V, kemudian dikosongkan dengan arus yang konstan sampai tegangan baterai turun hingga 3V. Lamanya pengosongan lah yang akan diukur dan ditampilkan di layar dengan satuan miliAmpere Hour (mAh).

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengetahui kapasitas sebenarnya dari baterai HP, sobat kunjungi thread Kaskus yang membahas tentang kapasitas sebenarnya dari baterai double power dengan model baterai merk terntetu sebagai bahan yang akan diuji. Baca disini sobat,"Baterai Double power, High Capacity...apa benar?"

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.