Recent Posts

Thursday, February 19, 2015

Memotret Makro Dengan Lensbong

Memotret Makro Dengan Lensbong – Lensbong itu apa sih? Lensbong itu adalah Lensa-Bongkaran. Nah, lensbong ini sebutan untuk lensa okuler handmade untuk HP yang dibuat dari modifikasi lensa kamera tertentu. Lensbong ini bisa bikin hasil foto kamera HP jadi lebih detail. 

Fotografi untuk memotret benda kecil dengan detail yang lebih tajam dan jelas. Kalau memakai kamera handphone tentu akan sulit menghasilkan foto seperti di atas. Solusinya adalah dengan menambahkan lensa okuler khusus untuk HP dengan efek macro. Nah, lensa okuler khusus untuk HP sebenarnya memang sudah banyak dijual di pasaran, bahkan tidak hanya untuk fotografi makro saja tapi juga efek wide, dan juga fish eye.
Bagi sobat yang ingin berkreasi sendiri membuat lensa macro untuk HP bisa dengan memanfaatkan lensa kamera bekas yang sudah tidak terpakai. Bisa lensa kamera analog atau kamera digital yang sudah rusak atau tidak terpakai. Yang harus dipastikan adalah kondisi lensa masih baik. Usahakan juga lensa bongkaran tersebut berasal dari kamera yang bermerk seperti Nikon, Canon, Fujifilm, Kodak atau lainnya yang terkenal dengan kualitas bagus. Kamera yang bagus biasanya dibekali dengan lensa yang bagus pula.
Bagaimana dengan cara membuatnya?
Tidak sulit sob. Pertama-tama sobat harus menyiapkan kamera yang akan dibongkar dan diambil lensanya. Jika tidak punya, sobat bisa membeli di pasar loak atau pasar barang bekas yang menjual kamera-kamera jadul. Harga kamera bekas sekitar 20-50 ribu (pengalaman saya beli). Siapkan juga peralatan tempur seperti gunting, silet, dan juga perekat.
Handphone yang dipasangi lensbong bisa jenis handphone apa saja. Perlu diingat, lensbong tidak membuat hasil foto yang jernih dengan resolusi lebih tinggi. Semua masih bergantung pada kamera handphone, lensbong hanya memberikan efek makro dan detail gambar yang lebih tajam.
Langkah pengerjaan :
·         bongkar kamera bekas nya sampai lensa yg didalemnya bisa dilepas
·         lepas/copot lensa yg bulet pinggirnya hitam , biasanya ada ditengah2 (seperti yg ada pada gambar
·         tempelkan perekat dibagian sisi lensa nya
·         Selesai , lensa makro handmade siap dipakai tinggal ditempelkan ke kamera HP


Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan lensa makro bisa sobat baca di artikel berikut FotografiMakro Menggunakan Kamera Ponsel
Sumber:

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.