Memperbaiki Kamera Xiaomi Yang Blur (Unfocus)


Memperbaiki Kamera Xiaomi Yang Blur (Unfocus) - Belum lama ini mimin baru saja belanja HP online karena hp yang lama udah lemot gak ketulungan. Berhubung budgetnya tipis jadi carinya juga yang ekonomis. Akhirnya pilihan jatuh pada xiaomi redmi 2s. Harganya sekitar 800-850 ribu di situs b*k*lap*ak. Iya, bukan di erafone atau bhinneka karena harganya terpaut jauh. Tapi ya harus siap dengan segala kemungkinan. Mungkin hp kw, refurbish atau cacat.
Akhirnya redmi 2s kepegang juga di tangan. Langsung cek spec, fisik sama softwarenya. Semua ternyata udah sesuai kecuali versi miui yang udah di set ke versi 7.0 global. Kalau yang ini sih gak heran karena kalau garansi distributor katanya versi romnya juga rom distributor. Gak sesuai spec utama.
Pas pertama kali checking kamera, mimin gak tau kalau kameranya sedikit bermasalah. Pasalnya untuk foto objek yang jaraknya dekat, hasilnya normal-normal saja. Fokus diobjek utama dan blur bagian background. Pemakaian lain-lain juga normal. Cek imei juga terdaftar, alhamdulillah hp nya ori.
Tapi setelah beberapa hari pemakaian, mimin mau ambil gambar landscape di belakang rumah. Baru ketahuan tuh kalau kamera belakangnya blurry buat foto jarak jauh. Coba utak atik kali aja settingannya keliru. Mentok.
Sempat pula mikir apa gara-gara romnya yang bukan rom bawaan jadi ada bugnya. Nah, kan jadi makin bingung. Mau klaim garansi males sama pengiriman, belum lagi proses klaimnya. Mending cari solusi sendiri.
Selama seminggu googling cara mengatasi kamera yang blur. Tipsnya cuma itu-itu aja. Suruh bersihin tutup lensa, mungkin ambil fotonya sedikit gerak, dll. Duh, permasalahanya gak semainstream itu. Kalau begitu doang mimin juga tau keles.
Sempet juga ganti ke stock rom (downgrade) ke rom asli global. Hasilnya sama aja. Jadi mikir lagi, ni hp jangan-jagan fake. Huh.
‌Tapi entah gimana waktu itu ketemu video di youtube yang kasih tutorial benerin kamera hp yang hasil fotonya terlalu soft, lembut atau blur itu. Sebenernya gak yakin metode ini berhasil. But, setelah dipakai buat foto hasilnya bener-bener bikin lega. Ini sedikit hasil jepretan mimin pakai kamera belakang redmi 2 sebelum dan sesudah diperbaiki.

cara-memperbaiki-kamera-xiaomi-blur-lembut-tidak-fokus


cara-memperbaiki-kamera-xiaomi-blur-lembut-tidak-fokus



Berikut Langkah-langkah Mengatasi Kamera Xiaomi Redmi 2 yang Blur (Tidak Fokus):
Siapkan peralatan tempurnya dulu yang terdiri dari cutter, obeng, secangkir kopi dan alunan musik biar enggak panik.
Pastikan berada di bawah penerangan yang cukup. Biar keliatan jelas objek yang mau disetting.
Lepaskan backdoor atau tutup belakang. Setelah case belakang dilepas pasti akan kelihatan tutup lensa.
cara-memperbaiki-kamera-xiaomi-blur-lembut-tidak-fokus

Cungkil tepian tutup lensa menggunakan ujung cutter yang runcing. Lakukan dengan hati-hati.
cara-memperbaiki-kamera-xiaomi-blur-lembut-tidak-fokus

Begini penampakan kamera setelah dibuka tutup lensanya.
Gunakan obeng dan cutter untuk memutar lensa. Putar dengan cara mendorong sudut bingkai lensa.
cara-memperbaiki-kamera-xiaomi-blur-lembut-tidak-fokus


Mimin gak tau pasti apa fungsi cekungan di bagian luar bingkai. Apa sebagai patokan bahwa 4 sudut lensa tersebut harus sesuai cekungan atau ya cuma sekedar bentuk saja.
cara-memperbaiki-kamera-xiaomi-blur-lembut-tidak-fokus
Sebagai percobaan, kamu bisa memutar dan mengarahkan 4 sudut lensa sejajar dengan cekungan lalu coba gunakan untuk memotret. Lalu coba geser lagi lensanya. Mana kira-kira yang lebih bagus hasilnya.
Kalau dirasa sudah dapat hasil yang maksimal, sobat tinggal pasang lagi deh tutup kameranya. Sruput kopi yang sudah mulai adem. Sambil nyobain kamera xiaomi yang sudah prima buat diajak berburu gambar-gambar keren.

Buat yang kuotanya banyak bisa langsung nonton videonya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kamera Xiaomi Redmi 2 Yang Blur 

Advertisement

0 Response to "Memperbaiki Kamera Xiaomi Yang Blur (Unfocus)"

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan coretan di kolom komentar. Silakan sobat menuliskan pesan, kesan, kritik maupun pertanyaan terkait artikel di atas. terima kasih.