Recent Posts

Sunday, January 25, 2015

Membuat Efek Fokus & Blur Dengan Kamera HP


Membuat Efek Fokus & Blur Dengan Kamera HP – Hampir di setiap tempat ada saja yang melakukan aktivitas satu ini. Apalagi kalau bukan berfoto, entah itu selfie, grufie, dokumentasi, sampai foto oleh seorang profesional. Dengan life style seperti demikian, tampaknya kamera menjadi kebutuhan semi primer. Terlebih lagi dengan didukung teknologi kamera ponsel yang semakin canggih tentu akan memanjakan untuk berfoto.
Kamera ponsel selain instan dan praktis, banyak diantaranya yang sudah dibekali dengan kemampuan pengambilan gambar yang hampir setara dengan kamera digital bahkan kamera DSLR. Tidak hanya berkutat pada resolusi kamera yang semakin tinggi, kini banyak ponsel yang sudah dibekali fitur auto focus/ touch focus. Dengan adanya fitur tersebut kita bisa menghasilkan gambar dengan fokus yang lebih tajam dari kamera ponsel biasa. Kemampuan auto focus kamera ponsel juga akan sangat terlihat pada mode makro , yaitu pengambilan gambar pada jarak yang dekat.
efek-fokus-blur-ala-dslr-dengan-kamera-hpMeskipun demikian, fitur auto fokus bawaan terbilang standar dan berkemampuan terbatas. Tentu saja dikarenakan jarak fokus kamera HP sangat pendek. Berikut contoh gambar yang diambil dari jarak dekat dengan mode makro.

Untuk memotret objek pada jarak yang agak jauh, fokus yang dihasilkan masih bisa tajam akan tetapi gambar tersebut tidak bisa blur pada areal selain fokus seperti halnya kamera DSLR.
Lalu bagaimana cara membuat fokus dan blur dengan mudah menggunakan kamera ponsel?
Jawabnya, tentu dengan edit manual. Bisa dengan aplikasi edit foto PC maupun android. Jika menggunakan PC, sobat bisa gunakan Photoshp atau Xiu Xiu. Jika dengan HP android sobat gunakan saja Picsart, Pixlr Xpress, dsb.

Untuk lebih praktisnya, tentu menggunakan aplikasi edit foto di HP lebih gampang. Picsart merupakan salah satu aplikasi yang cukup lengkap dan mudah untuk membuat efek fokus-blur. Bahkan untuk beberapa keperluan  editing lain seperti efek, layer, bokeh, dsb aplikasi ini bisa diandalkan. Silakan sobat mencari aplikasi edit fokus seperti halnya Picsart di google play store. Berikut contoh hasil editingnya:
efek-fokus-blur-ala-dslr-dengan-kamera-hpefek-fokus-blur-ala-dslr-dengan-kamera-hp

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar
  1. iya gan, smartphone samsung galaxy jadul saya juga bisa menangkap foto blur dengan jarak dekat, boleh dikunjungi blog saya gan di jeprat jepret, gimana nih pendapat agan?
    hehe
    salam kenal gan :)
    http://naziezie.blogspot.com/

    ReplyDelete

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.