Recent Posts

Sunday, October 12, 2014

[Catatan] SEO Bagi Blogger Pemula Part 2

[Catatan] SEO Bagi Blogger Pemula Part 2 – Setelah sebelumnya Tekino berbagi tips SEO manjur yang pernah Tekino terapkan di blog yang pertama dan blog sekarang, hari ini ada tambahan tips lagi untuk Tekino’s fren. Apa aja tips bloggingnya? Yuk disimak celoteh dari newbie ini

tips-seo-mudah-untuk-pemula

1.    Judul Padat, Jelas Dan Memuat Kata Kunci
Judul artikel yang baik itu sudah pasti relevan sama isinya. Memang sih agar pembaca tertarik biasanya judul dibuat menarik, bahkan tak jarang mengundang penasaran. Tapi perlu nggak sih judul yang kontroversial?
Jika blog sobat sudah terkenal dan punya banyak subscriber mungkin sah-sah aja atau bahkan sangat perlu judul kayak gitu. Tapi kalau blog sobat masih baru, yang perlu sobat utamakan adalah judul artikel sobat nangkring di halaman pertama mesin pencari. Udah, gitu aja.
Jadi, fokusnya adalah judul yang bisa membawa netters menemukan artikel sobat. Biar artikel sobat bisa ditemukan oleh netters, maka judul artikel sobat harus memuat judul yang sesuai isi artikel dan juga keyword yang relevan. Contoh nih ya artikel sobat berbicara tentang tutorial membuat masakan cabe balado (hadaah cabe dicabein dong, haha). Maka pilihan judulnya bisa cara memasak cabe balado, resep cabe balado atau tutorial memasak cabe balado.

2.    Pakai ALT image
Posting artikel sobat pake gambar nggak? Kalau belum, besok-besok kalau bisa potingan artikelnya disisipin gambar ya walaupun cuma sepotong. Kalau sudah ada gambar tinggal kita kasih atribut ALT image. ALT image itu biasanya berupa keyword yang kita letakkan di gambar. Tujuannya agar gambar tersebut mudah dilacak oleh mesin pencari (yang biasanya nongol di google image itu lho). Nah, itu juga yang membuat artikel kita juga gampang diindeks mesin pencari.
Insyaallah sih gitu, hehe... karena sudah ane terapin dan hasilnya maknyusss pemirsah. Cara pasang ALT image gampang kok, pada draft posting klik pada gambar yang akan diberi ALT image, pilih properties, lalu isi title / judul gambar, dan di kolom bawah yaitu alt image-nya. Pada bagian alt image isikan kata kunci artikel sobat dengan memberi penghubung antarkata kunci tersebut, bukan spasi. Ingat, bukan spasi. Seperti ini contohnya: Tips-seo-bagi-pemula.
Usahakan singkat, padat dan mengena.
Pakai gambar di postingan juga bisa bikin artikel jadi kelihatan lebih bagus dan menarik. Apalagi kalau gambarnya original, bukan asal comot dari situs lain terlebih lagi dari google image.

3.    Perbanyak isi artikel
Lhah, emang apa hubungannya sist?
Ada dong. Makin banyak isi artikel makin banyak pula ruang untuk menyisipkan keyword atau kata kunci. Makin rapat kata kuncinya maka kesempatan artikel sobat untuk dibaca mesin pencari lebih besar. Tapi ingat, itu tergantung penerapan trik SEO yang lain, ini cuma salah satunya aja ya.

4.    Variasi keyword
Udah punya keyword bagus? tapi kalo bisa jangan itu-itu aja yang dipasang  di tiap paragraf. Variasikan keyword yang agan punya dengan keyword lain yang sesuai. Contoh kayak di tips #1, opsi judul cara memasak cabe balado, resep cabe balado atau tutorial memasak cabe balado yang tidak dipakai bisa dipasang di tiap paragraf sebagai variasi kata kunci.
Udah itu aja tips-tips blogging ala blogger newbie. Semoga sedikit membantu meringankan beban sobat, hiks. Hehe...
Selamat mencoba.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.