Recent Posts

Thursday, October 16, 2014

Apa Perbedaan HP BM dan Replika?

Apa Perbedaan HP BM dan Replika? – Lagi buka facebook eh ada yang jualan handphone bagus-bagus, tapi eh tapi harganya kok murah. Malah ada yang murah banget. Serius nih harganya segini? Jangan-jangan HP colongan, HP rusak atau penjualnya yang  lagi rusak nih.
Hehe... dulu sempat mikir kayak begitu. Masak ada Iphone 3S Cuma dijual dengan harga sejutaan. Gila beneeeerr. Tapi disitu ada keterangannya, “ HP BM dan SC”. Asing dah sama kedua singkatan itu. Akhirnya ane tanya kakek ane, Opa Gugel, apa sih itu BM dan SC.
Akhirnya ketemu juga kepanjangan dari BM dan SC. Dikutip dari wikipedia.co.id BM singkatan dari Black Market sedangkan SC singkatan dari Super copy atau biasa juga disebut replika. HP Black Market adalah HP yang secara fisik maupun isinya original (asli) hanya saja penjualannya melalui pasar gelap alias illegal. Iyalah, namanya aja black market. Karena illegal, handphones ceilah gag pake s juga kali, maksudnya handphone-handphone ini tidak terkena pajak atau cukai. Dan karena tidak terkena bea cukai maka harganya lebih murah dari HP ori yang melalui proses resmi. Tapi jangan kira harganya akan tinggal separo dari harga resmi, HP BM biasanya hanya sedikit lebih murah dari HP ori yang legal. Perbedaan harga tidak lebih dari separohnya.
Secara kualitas, HP BM tidak mengecewakan. Hanya saja, HP BM tidak memiliki garansi resmi dari pihak pemroduksinya. Pembeli hanya akan mendapatkan garansi dari toko. Jadi kalau ada kerusakan selama masa garansi, pembeli tidak bisa mendapat servis gratis dari service centernya. Memakai HP BM juga harus berhati-hati, pasalnya handphone tersebut adalah barang illegal. Eh, tapi ini Indonesia ya.
HP replika atau kalau seller biasa menyebutnya King copy, Super copy atau apalah, merupakan HP tiruan. Dummy bro. Dilihat dari luar bahkan jeroannya (aplikasi, software, dll) mungkin sangat mirip dengan HP ori. Sekilas, sulit membedakan mana yang replika mana yang asli. Itu kalau replikanya tergolong KC (King Copy) atau SC (Super Copy). Nah, tahu kan kenapa disebut KC dan SC? Ya karena mirip banget sama yang asli. Beda cerita kalau replikanya di grade 2, 3, 4, dst. Dilihat mata telanjang pun akan langsung kelihatan bahwa itu HP replika. Kayak begini contohnya:
 
Kualitas HP replika juga sangat jauh dari HP aslinya. Bisa jadi itu adalah HP Cina yang didandani casing  HP mewah. Meskipun baterai bertuliskan 2300 mAh, ketika dicek bisa jadi kapasitas aslinya hanyaseparonya saja. Kamera 13 megapixels tapi hasilnya buram seperti VGA. Tapi untuk gaya-gayaan dan sekedar memenuhi hasrat mengantongi HP mewah dengan harga murah, HP replikas bisa jadi solusinya.
Well, semoga tulisan ini bisa menjawab keingintahuan sobat tentang beda HP BM dan juga replika. Terima kasih sudah berkunjung ke blog Tekino.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.