Blog Seputar Gadget dan Tekno

Berangkat Ngeblog Untuk Cari Uang

Ads by Google
Berangkat Ngeblog Untuk Cari Uang – Saya menggeluti blogging secara serius sejak 2014. Sebelumnya saya iseng membuat blog untuk sekedar tahu gimana caranya ngeblog. Baru pada tahun 2014 itu saya berniat untuk membuat sebuah blog yang bakal saya kelola secara serius dan konsisten.
Dan jadilah saya membuat blog berjudul Tekino yang nichenya seputar handphone dan tekno. Jujur saja, keseriusan saya ngeblog berawal dari iming-iming yang kerap digembar-gemborkan para blogger, “menghasilkan uang dari blog”.
Terdengar menggiurkan. Karena ngeblog bukanlah hal yang terlalu sulit, toh hanya tinggal menulis. Paling tidak begitulah yang ada dipikiran saya pada awalnya. Dengan penuh semangat, saya rajin sekali membuat postingan paling tidak seminggu sekali, menerapkan tips-tips SEO semampunya, promosi blog di social media, dsb. Hal tersebut berlangsung kurang lebih selama satu setengah tahun.
Berkat kesungguhan tersebut, blog saya yang telah berdomain www.tekinoshare.my.id perlahan mulai mendapat traffic yang lumayan. Beberapa artikel juga berhasil duduk di halaman pertama search engine. Tentu saja saya girang, karena jujur saja saya cuma berbekal rajin posting. Masalah SEO, saya hanya mengoptimasi sebisa saya. Saya tidak telaten dan jujur tidak terlalu paham kalau harus yang ribet-ribet.
Karena blog sudah cukup umur dan cukup traffic (sekitar seribu pageviews per hari), saya mulai terjangkit rasa puas. Dan bisa ditebak, saya mulai malas mengutak-atik blog. Toh sudah lumayan rame, begitu pikir saya. Ditambah saat itu saya sedang sibuk kegiatan semester akhir seperti KKN dan skripsi. Jadilah blog saya terlantar selama berbulan-bulan.
Di tengah kemalasan itu saya teringat iming-iming “duit dari ngeblog”. Jadilah saya berusaha mencari cara agar blog saya yang sudah lumayan bertraffic itu bisa menghasilkan uang. Saya tahu sebenarnya traffic yang hanya seribuan itu belum ada apa-apanya (baca: belum terlalu menghasilkan). Tapi saya sudah kebelet untuk membuktikan kabar adanya gaji dari blog.
Coba-coba saya mendaftarkan blog yang masih piyik tadi ke Adsense. Dengan sedikit jumawa, saya sudah mengkalkulasi penghasilan. Tapi saya langsung down ketika Google menolak pengajuan tersebut. Lalu saya mulai membenahi blog, mulai dari membuat artikel yang panjang sampai harus mengganti template. Meski begitu blog saya tetap ditolak berkali-kali. Dengan sedikit putus asa, saya beralih ke youtube adsense. Yang katanya jauh lebih mudah diterima. Benar saja, hanya dengan upload beberapa video saya sudah diterima. Tapi kendala segera menyambut. Akun adsense youtube tentu saja masih berstatus hosted. Untuk memasang iklan adsense di blog, akun tersebut harus berstatus non hosted. Agar bisa upgrade ke non-hosted saya harus mendaftarkan blog yang sudah berdomain TLD. Ternyata pada akhirnya harus mendaftarkan blog lagi. Apa boleh buat, terlanjur basah untuk menyerah. Akhirnya saya membuat blog lagi khusus untuk daftar adsense. Entah apa alasannya, tapi blog saya yang baru ini justru diterima oleh Google.
Sejak diterima pada 2016 lalu, saya hanya memasang kode iklan Adsense di blog yang lama dan beberapa video youtube yang saya monetasi. Cerita ini belum berakhir disini. Yang katanya dapat berjuta-juta per bulan dari adsense itu, saya masih berusaha membuktikannya.
Niat saya untuk mengembangkan blog agar dapat 5k pageviews per hari ternyata hanya mandeg di mimpi saja. Saya justru semakin malas. Saya sadar, tidak mungkin saya bisa menghasilkan uang jutaan dari blog saya hanya dengan 1k pageviews dan dua ratusan pengunjung.
Keadaan mager tersebut ternyata berlangsung sampai detik ini. Postingan saya selama kurun waktu setahun tidak lebih dari dua puluh artikel. Penyakit malas ternyata mengakibatkan penyakit yang lain, saya jadi kikuk menulis. Kehabisan ide atau  kesulitan merangkai kata.
Dan coba tebak berapa penghasilan saya dari adsense? Hanya sekitar 2 dollar per bulan. Ya, per bulan. Rata-rata perhari tidak sampai 0,1$. Kadang malah tidak dapat apa-apa. Keadaan tersebut diperparah ketika blog saya trafficnya turun drastic setelah saya ganti template.
Sampai disini, saya mulai merenungi lika-liku panjang ngeblog. Ternyata cari uang lewat blog itu tidaklah gampang. Tak seperti dugaan saya bahwa ngeblog itu mudah, hanya tinggal menulis. Ternyata justru menulis itulah hal yang tersulit. Karena jika menulis itu bukan sebuah hobi, pastilah menulis itu akan terasa susah. Jika menulis bukan hobi, pastilah tidak akan konsisten. Seperti saya, yang sok-sokan hobi menulis padahal awalnya tidak.
Dan jika diamati, para blogger sukses yang sudah menghasilkan jutaan rupiah dari blog, ternyata orientasi mereka pada awalnya bukanlah uang. Mereka ngeblog dengan niatan yang sederhana, berbagi. Ya, mereka menulis karena mereka ingin sharing. Dan saya yakin mereka juga hobi menulis.
Karena itulah, dengan atau tanpa iming-iming uang pun mereka tetap menulis. Mereka konsisten dengan blognya, dan traffic pun berdatangan dengan sendirinya. Blog mereka ramai dengan pengunjung.
Ternyata sesederhana itu kan?! Jadi, konklusinya adalah bahwa ngeblog jangan ditujukan untuk mencari penghasilan. Tapi ngebloglah setulus hati, lalu penghasilan pun akan menghampiri.
Jika anda memiliki orientasi yang sama seperti saya, lebih baik anda mundur selagi langkah anda belum panjang. Karena hanya jika bertujuan untuk uang, anda bisa saja bosan di tengah jalan. Dan jangan katakan anda berinvestasi pada blog, karena itu artinya anda menghitung-hitung dan berharap blog anda akan menghasilkan. Jika blog anda ternyata gagal, lalu anda akan menghitung kerugian.
Tapi katakanlah anda sedang merawat blog. Seberapa pun pengeluaran anda untuk blog, meskipun tidak menghasilkan anda tidak akan merasa rugi. Toh meski tidak menghasilkan uang, anda akan tetap mendapat manfaat lain dari ngeblog yakni mengembangkan diri dan aktualisasi diri.
Anda tentu tahu Raditya Dika kan? Dia awalnya hanya seorang blogger yang suka menceritakan pengalamannya di blog. Blognya memang ramai, tapi tidak dimonetasi. Tapi dari blognya itulah Dika mulai terkenal hingga akhirnya jadi penulis buku, stand up comedian dan actor.
Jadi, kesimpulannya...
Simpulkan sendiri deh. Hehe.
Tag : Sharing
0 Komentar untuk "Berangkat Ngeblog Untuk Cari Uang"

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.

Back To Top