Recent Posts

Thursday, December 7, 2017

Akibat Ganti Template Blog


Akibat Ganti Template Blog – Beberapa hari yang lalu Tekino baru saja ganti baju, eh, ganti template nih ceritanya. Kalau urusan gonta ganti template sebenernya udah sering. tapi sudah setahun atau lebih  Tekino belum ganti lagi. Ketika awal-awal ngeblog, yang namanya ganti template sehari bisa lima kali atau lebih. Katanya penyakit pemula memang begini, lebih mementingkan tampilan daripada isinya. Padahal yang lebih penting isinya dulu, cantik bisa menyusul. 

Nah, setelah ganti template ternyata ada yang aneh dengan blog ini. Statistic blog dalam sehari biasanya sekitar tujuh ratus sampai delapan ratus pageviews (versi blogger). Tapi saat itu juga setelah ganti template pageviews blog langsung turun 50%. Ya, Cuma 200-300 an.
Kaget banget nih mimin. Kok jadi turun drastis gitu. Setelah cari-cari beberapa info, ternyata mengganti template blog memang bisa bikin traffic blog jadi turun. Mungkin bagi blog yang belum punya traffic atau trafficnya masih sedikit ga akan kelihatan perubahannya selain blog tampilannya lebih cakep.

Itulah kenapa para master blog menyarankan untuk tidak terlalu sering mengganti template blog. Karena menggantinya sama saja kita harus memindahkan kode-kode penting seperti kode webmaster, alexa, dll. Yang kadang kita lupa sehingga harus membuat ulang. 
Kalau anda masih akan mengganti template, lebih baik untuk mempertimbangkan masak-masak. Apakah template yang baru sudah memenuhi criteria atau belum (takutnya kalau sudah dipasang terus kurang srek lalu ganti lagi, begitu seterusnya), dan perlu tidaknya untuk memperbarui tampillan blog. Juga pastikan sudah menyimpan kode-kode html atau javascript yang penting pada template sebelumnya. Dan yang terpenting, Backup dulu blog sobat sebelum mengganti template, agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika memasang template baru, sobat bisa kembali ke tampilan yang lama. Mungkin menerapkan trik dari Juragancipir nih agar blog tidak turun trafficnya setelah ganti template, Cara Mengganti Template Agar Traffic Naik Seketika

Lalu gimana kalau sudah terlanjur seperti saya? Tenang, masih bisa diobati. Kata para master blogger, sebenarnya traffic itu bisa kembali normal dengan sendirinya. Tapi tentu saja butuh waktu yang gak sebentar. Jika mau cepat pulih perlu ada perlakuan-perlakuan tertentu pada blog (selebihnya silakan baca artikel dari sekolahblogger ).

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.