Recent Posts

Thursday, November 23, 2017

Cara Menghemat Kuota Internet ala Tekino



Cara Menghemat Kuota Internet ala Tekino – Mungkin ini adalah keyword paling basi yang pernah kamu baca. Tapi ya gapapa dong berbagi personal tips. Kali aja trik-trik Tekino buat menghemat kuota ada yang belum kamu terapin.
Internetan pakai kuota data sampai sekarang memang masih sangat diminati ketimbang unlimited data. Biarpun sedikit lebih mahal tapi paket kuota data lebih jujur daripada unlimited data yang ngasih full speed FUP dan setelah itu speed turun drastis. Tapi yang namanya kuota tentu aja pakainya juga harus pinter-pinter berhemat biar kantong ga terus-terusan kosong buat beli paketan mulu.

Memilih Beberapa Aplikasi yang Perlu Koneksi
Ga semua aplikasi di android harus selalu terhubung ke internet. Selain aplikasi penting coba deh matikan background data pada aplikasi yang jarang dipakai, misalnya game, editor foto, pemutar music, dll.
Jika punya instagram tapi jarang on, mending matikan saja fitur notifikasi langsungnya. Notif akan tetap muncul ketika kita membuka IG. Mungkin bisa diterapkan pada aplikasi lain yang sejenis.

Browser Hemat Data
Kalau kamu suka browsing tentunya wajib banget dong pakai browser. Kalau kamu masih pakai chrome, Mozilla, UC browser atau internet explorer, mending coba ganti pakai opera mini/UC mini aja sob. Memang sih tampilan di opera mini maupun di UC mini nggak sekeren di browser lain, bahkan kadang ada situs yang gabisa dibuka kalau lewat opmin. Tapi, itu kan ga semua.
Tekino merekomendasikan dua mini browser tersebut, karena browser-browser tersebut mampu mengcompress halaman situs yang kita akses sampai lebih dari 80%. Selain lebih hemat, loading situs jadi lebih cepat karena data yang diakses lebih ringan.

Selalu Nyalakan WiFi
Keuntungan menyalakan WiFi adalah ketika kita berada di suatu tempat yang ada jaringan WiFi, maka otomatis perangkat kita akan terkoneksi (dengan syarat WiFi tidak terpassword). Dengan begitu penggunaan kuota data bisa sedikit diminimalisir.

Media di WhatsApp
Seringkali di grup ada teman yang mengunggah foto-foto atau video yang kurang penting. Jika paketan data on, otomatis unggahan tersebut akan langsung terdownload ke handphonemu. Mungkin tidak begitu masalah karena biasanya file unggahan tersebut ukurannya kecil. Namun, kalau ternyata ada file video, audio atau dokumen yang berukuran cukup besar,pasti kamu bakal sayang sama kuotamu.
Agar media di whatsapp tidak terdownload secara otomatis kamu bisa mengaturnya di setelan/setting lalu tap menu penggunaan data. Keuntungan lain dari mematikan download otomatis ini kamu bisa mencegah file-file kurang penting memenuhi memori teleponmu.

Kurang-kurangin Main Instagram, Line webtoon, dkk
Instagram emang asyik buat kepoin temen atau artis idola. Webtoon juga seru buat dibaca. Tapi tau nggak kalau mereka itu tersangka utama kuota data jadi cepet ludes. Kenapa instagram banyak menyedot data? Ya karena tampilannya kebanyakan foto dan video. Begitu juga dengan webtoon, path atau tumblr.
Jadi saran Tekino, kurang-kurangin itu main instagram dan kroni-kroninya. Biar gak tergoda buka aplikasinya, mending taruh aplikasinya di dalam folder yang di dalamnya folder lalu kasih kunci aplikasi. Kalau tangan masih kelayapan, non aktifkan aja atau uninstall sekalian. Beres. Kuota data aman.

Bonus:
Kalau tips di atas dirasa kurang ampuh, mugkin kamu perlu pakai jurus pamungkas. Matikan Mobile Data. Dan selamat! kuota kamu bakalan tetep utuh sampai akhir masa berlakunya.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.