Blog Seputar Gadget dan Tekno

Cara Membuat Foto Melayang di Udara dengan PicsArt



Cara Membuat Foto Melayang di Udara dengan PicsArt – Fungsi foto memang bukan hanya untuk sekedar mengabadikan momen. Lebih dari itu, foto adalah sebuah karya seni dan bentuk ekspresi. Apalagi di zaman digital seperti sekarang. Adanya instagram jadi media untuk pamer foto-foto unik yang diabadikan di momen-momen terntentu. Ngomongin soal foto unik, ada salah satu trik foto yang sering digunakan oleh para fotografer. Namanya trik foto levitasi, atau yang awam kayak aku mungkin lebih paham kalau dibilang foto melayang di udara, atau foto terbang. Haha. Baru tau namanya levitasi belum lama ini juga.
Apa itu foto levitasi? Foto levitasi adalah foto yang membuat objek utamanya seolah bergerak melawan gravitasi. Masih ingat kan pelajaran tentang gravitasi? Masih dong. Itu kan yang bikin semua benda di bumi jatuh ke bawah (iyalah, masak jatuh ke atas). Gerakan melawan gravitasi bisa berupa melompat ke udara, melayang atau terbang. Naah, itu kan yang sering kita temui di foto-foto di instagram. Keren. Jadi pada pengen bikin kan?!
Cara membuat foto levitasi sebenernya ada 2 cara, yakni manual dan menggunakan bantuan aplikasi. Dengan cara manual berarti menggunakan gerakan real dan pengambilan gambar yang tepat dengan momen ketika benda melayang di udara. Untuk itu dibutuhkan kamera dengan shutter speed yang mumpuni. Kalau pakai kamera ponsel, mungkin tidak semua ponsel support untuk pengaturan shutter speed ini.
Cara yang paling gampang jika menggunakan kamera ponssel adalah dengan bantuan aplikasi editing foto. Disini yang bakal jadi pembahasan adalah edit foto levitasi dengan bantuan picsArt. Buat aku, PicsArt ini adalah photoshop-nya smartphone. Lengkap dan mudah untuk digunakan.
Oke, mendingan langsung saja deh ya ke tutorial editnya. Yang pertama kudu dilakukan tentu saja download aplikasinya di Play Store terlebih dahulu bagi yang belum punya aplikasinya. Install dan launch.
Persiapkan foto yang akan diedit. Caranya, ambillah gambar background tanpa objek. Lalu ambil juga gambar objek yang akan dibuat melayang dengan bantuan benda tertentu. Misalnya dengan bantuan kursi atau meja. Lalu letakkan objek di atasnya dan buat seolah-olah bendanya melayang. Untuk contoh berikut saya menggunakan benda mati yakni genteng. Sebenernya mau bikin orang melayang tapi modelnya ga ada, hhe.
cara-edit-membuat-foto-terbang-melayang-levitasi-dengan-picsart


Oke, jika bahan sudah siap semua sekarang waktunya tempur. Buka aplikasi PicsArt, klik gambar/ drawing. Akan muncul kotak dialog choose image, pilih foto pertama yang akan dijadikan background (tanpa objek). Maka akan muncul tampilan menu drawing. Pada awalnya aka nada 2 layer, yaitu layer foto yang dipilih tadi dan layer kosong di atasnya. Hapus saja layer kosong tersebut dengan mengklik tombol bertanda bak sampah di atasnya.
cara-edit-membuat-foto-terbang-melayang-levitasi-dengan-picsart

Jika sudah klik tanda +, lalu pilih lapisan foto. Pilih foto yang ada objeknya. Agar nantinya tidak terlalu banyak menghapus sekitaran objek, sebaiknya crop saja foto kedua ini mepet dengan bentuk objeknya. Kalau sudah pas, klik centang.



Akan muncul 2 layer foto. Agar layer pertama kelihatan, ubah transparansi layer kedua. Setelah itu sesuaikan objek pada layer kedua agar posisinya sesuai dan padu dengan background. Untuk mengubah bentuk, tekan tanda titik tiga kebawah lalu pilih ubah bentuk. Dengan begitu kamu bisa memperbesar, memperkecil, menggeser atau merotasi foto.
Jika posisi sudah pas, sekarang waktunya menghilangkan/ menghapus sekitaran objek. Klik tanda eraser (penghapus) di sebelah tengah bawah. Sesuaikan ukuran eraser dengan mengklik lagi tanda eraser tersebut.
Jika posisi sudah pas, sekarang waktunya menghilangkan/ menghapus sekitaran objek. Klik tanda eraser (penghapus) di sebelah tengah bawah. Sesuaikan ukuran eraser dengan mengklik lagi tanda eraser tersebut.


Hapus dengan hati-hati agar objek juga tidak ikut terhapus. Jika dirasa sudah bersih dan tinggal menyisakan objek, kembalikan transparansi foto kedua ke 100%. Tadaaa, foto terbangmu telah jadi.
Jika posisi sudah pas, sekarang waktunya menghilangkan/ menghapus sekitaran objek. Klik tanda eraser (penghapus) di sebelah tengah bawah. Sesuaikan ukuran eraser dengan mengklik lagi tanda eraser tersebut.


Untuk finishing, agar foto tampak real tambahkan bayangan. Klik tanda pensil di sebelah bawah. Sesuaikan ukuran dan transparasinya sekitar 30%. Usapkan pada area yang ingin dibuat seolah jadi bayangan objek yang melayang tersebut.
 Hasil akhir nih...
Jika posisi sudah pas, sekarang waktunya menghilangkan/ menghapus sekitaran objek. Klik tanda eraser (penghapus) di sebelah tengah bawah. Sesuaikan ukuran eraser dengan mengklik lagi tanda eraser tersebut.

Jika posisi sudah pas, sekarang waktunya menghilangkan/ menghapus sekitaran objek. Klik tanda eraser (penghapus) di sebelah tengah bawah. Sesuaikan ukuran eraser dengan mengklik lagi tanda eraser tersebut.

 
Jika posisi sudah pas, sekarang waktunya menghilangkan/ menghapus sekitaran objek. Klik tanda eraser (penghapus) di sebelah tengah bawah. Sesuaikan ukuran eraser dengan mengklik lagi tanda eraser tersebut.
Hasil karya yang lain

Kalau aku bilang sih, ini seperti metode temple foto. Tapi yang bikin beda ya bendanya dibuat terbang, mengambang di udara. Sebenernya objek tidak harus diambil dengan background yang sama. Bisa dari foto di tempat lain yang ingin di tempel pada foto tertentu.
Sekian tips edit foto levitasi atau foto melayang dengan menggunakan aplikasi picsArt. Selamat mencoba kawan.
Tag : Tips
0 Komentar untuk "Cara Membuat Foto Melayang di Udara dengan PicsArt"

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.

Back To Top