Kamera HP Yang Bagus Itu Seperti Apa Sih?



Kamera HP Yang Bagus Itu Seperti Apa Sih? || Banyak diantara kita yang selalu mempertimbangkan kualitas kamera sebelum membeli handphone. Termasuk juga si mimin. Meskipun gak doyan selfie, tapi mimin tetep doyan potoin orang lagi ngupil, lagi tidur mangap atau aib-aib yang lain, haha.
tekno.liputan6.com
Nah, ngomongin soal kamera smartphone yang bagus, pasti kebanyakan patokannya adalah berapa megapixel sensor kameranya. Kayak dulu, masih awam banget soal beginian, dipikirnya kalau ukuran sensornya makin gede hasil fotonya udah pasti makin bagus. Tapi lama-kelamaan kepercayaan sesat itu akhirnya terluruskan oleh karena pengalaman dan pemahaman. Azek.
Menurut hasil survey ngada-ngada, 5 dari 4 orang memberikan jawaban yang berbeda-beda tentang kualifikasi kamera handphone yang bisa dikatakan bagus. Dua diantaranya mengatakan,”Yang gede resolusinya”, 2 lainnya mengatakan,”Yang ada beautificationnya”, sementara yang satunya lagi,”Yang bisa motoin setan”. Hadaah.
Biar gak gagal paham, mungkin kita perlu bahas mitos-mitos yang berkembang tentang criteria kamera handphone yang bagus itu kayak gimana.


  • Semakin Besar MP (baca: resolusi) Makin Bagus Hasil Fotonya

Nah, ini mitos paling umum yang paling dipercayai. Gak heran sih. Memang vendor smartphone kalau bikin handphone pasti jor-joran resolusi kamera. Makanya, mitos ini seolah-olah menjadi fakta.
Faktanya: ukuran sensor kamera bukan jaminan foto yang dihasilkan itu bagus. Karena resolusi itu hanya masalah ukuran fotonya. Semakin gede resolusi kamera, foto yang dihasilkan juga ukurannya juga semakin besar sehingga gambarnya pun semakin detail. Gambar yang dihasilkan dari kamera beresolusi tinggi Ketika diperbesar dia tetap jelas memperlihatkan detailnya. Berbeda dengan foto hasil jepretan kamera beresolusi rendah, pasti hasilnya akan buram jika dizoom dan akan tampak noise sekali.

  • Brand Ternama Kameranya Bagus

Mitos ini berkembang dari rasa percaya. Hanya karena si A adalah merk smartphone ternama, bisa diyakini kualitas kameranya pasti gak mengecewakan. Padahal dalam pabrikan yang sama bisa saja vendor HP menggunakan jenis lensa kamera yang berbeda dengan kualitas yang berbeda pula.

  • Hasil Fotonya Bikin Cakep

Tren selfie yang udah jadi virus di belahan bumi manapun turut menyumbangkan mitos. Pasalnya, bagi mereka kamera yang bagus itu yang bisa ‘otomatis’ bikin cakep. Entah itu bikin kulit tampak cerah, bekas jerawat gak kelihatan atau yang bikin muka tampak tirus. Beneran, mitos ini marak berkembang utamanya di kalangan cewek doyan selfie.
------- ------- ------- -------

Oke, bahas mitosnya segitu aja. Kalau ada mitos-mitos boleh ditambah di kolom komentar. Sekarang kita ngomongin kriteria kamera handphone yang bagus itu yang kayak gimana. Kalau menurut mimin sih yang begini nih.


  • Gak Noise

Apa sih noise itu? Noise itu bintik-bintik kecil yang muncul ketika foto dizoom. Kalau noisenya dikit sih mungkin bisa dimaafkan, tapi kalau belum dizoom saja fotonya udah noise banget kan kesel. Kayak begini contohnya:



  • Tone Warna Yang Seimbang dan Natural

Terkadang ada handphone dengan kamera yang resolusinya besar tapi buat ngambil gambar hasilnya hambar. Hambar yang mimin maksud itu warna objeknya kurang ada nyawanya. Atau terkadang malah sebaliknya, warnanya terlalu overtone jadinya malah lebay. Meskipun bisa diedit tapi tetep aja gak puas sama hasil orinya.

  • Fokus Lebar

Entah istilahnya bener atau enggak. Jarak focus yang semakin besar itu memudahkan kita mengambil detail gambar dan menghasilkan kedalaman objek. Selain itu, kecepatan focus kamera juga perlu dipertimbangkan.

  • Bisa Bokeh

Nah, ini salah satu yang diidamkan dari kamera ponsel. Bokeh atau blur pada background menjadikan gambar yang diambil dari kamera HP terasa sperti hasil bidikan kamera DSLR. Efek bokeh ini sebenernya sudah bisa dinikmati pada kamera ponsel. Hanya saja sebatas pada fotografi makro.

  • Kamera yang Jujur

Maksudnya? Yaaa.. yang gak overtone, otomatis cakep atau otomatis tirus. Mimin lebih suka kamera yang jujur apa adanya. Kalau mau dibikin putih, tirus, mulus,dll kan bisa diedit pakai aplikasi.

Terlepas dari kriteria di atas, ada satu lagi yang menentukan hasil foto kamera HP itu bagus atau tidak. Yaitu siapa yang motoin. Percuma saja kalau kameranya canggih dan bagus tapi yang pegang gak bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.


Advertisement

0 Response to "Kamera HP Yang Bagus Itu Seperti Apa Sih?"

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan coretan di kolom komentar. Silakan sobat menuliskan pesan, kesan, kritik maupun pertanyaan terkait artikel di atas. terima kasih.