Tips Membeli Smartphone Baru

Smartphone dan gadget makin banyak saja variannya. Berbagi vendor berlomba-lomba menyuguhkan ponsel-ponsel pintar yang disesuaikan dengan kantong konsumen. Sayangnya, inovasi dari produsen tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup dari para konsumen.
Tulisan ini sebenarnya disponsori oleh banyaknya teman di sekitar saya yang masih belum bisa menentukan ponsel idaman mereka sendiri. Miris ketika ditanya spesifikasi smartphone barunya mereka jawab “tidak tahu”.
Sobat, meskipun ponsel pintar sekarang bukan lagi barang yang mewah setidaknya belilah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya yang kelihatannya bagus belaka. Berikut Tekino akan memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone


1.      Spesifikasi
Mengetahui spesifikasi smartphone sebelum membeli itu sangat penting. Ibarat hendak meminang calon istri maka kita perlu tahu bibit bebet dan bobotnya. Sobat bisa searching dulu apa saja spesifikasi ponsel yang hendak dibeli (situs terpercaya cek spesifikasi disini). Manfaat dari cek spesifikasi adalah mengetahui apa saja kelebihan dan keunggulan suatu ponsel. Misal ponsel X unggul di kamera dan baterai, sementara ponsel Y unggul di kapasitas RAM yang lega. Darisitu sobat bisa memilah mana sekiranya yang paling cocok dengan kebutuhan sobat, apakah untuk gaming, olshop atau sekedar bersosial media. Tinggal menyesuaikan dengan spesifikasi dan bagian yang diprioritaskan.
2.      Harga
Mungkin bagi kalangan low-end harga itu adalah yang nomor satu untuk dilihat, bukan specnya. Hehe. Penulis sendiri contohnya. Membeli smartphone tentunya menyesuaikan dengan budget. Maka dengan budget yang telah ditentukan carilah smartphone yang spesifikasi dan harganya pas.
3.      Review
Ini tidak kalah penting. Bahkan setengah wajib. Kenapa? Karena membeli ponsel apalagi yang harganya cukup mahal sobat tidak boleh sembarangan beli. Carilah review dari beberapa web, forum atau tanya langsung kepada user yang sudah pernah memakai. Dengan banyak-banyak membaca review kita jadi tahu apakah ponsel yang hendak dibeli memiliki banyak keluhan atau tidak dari penggunanya.
4.      Ketahui tentang HP palsu/ replika/ supercopy dsb.
Jaman sekarang apa-apa bisa dipalsukan. Apalagi handphone yang secara fisik mudah untuk ditiru. Jadi sobat perlu hati-hati dalam membeli ponsel. Jangan sampai karena tergiur harga miring, sobat tidak tahu kalau yang dibeli adalah HP palsu. Kecuali kalo sobat memang mau beli HP replika. Untuk membedakan HP replika dan asli silakan baca disini:
5.      Jangan malu bertanya
Jika sudah sampai di dealer ponsel, jangan segan bertanya kepada sellernya tentang kelengkapan handphone yang akan dibeli, spec yang mungkin belum dipahami atau minta saran handphone apa yang sekiranya recommended sesuai kriteria yang sobat berikan. Jika membeli melalui online shop pastikan olshop tersebut memiliki kredibilitas dan terpercaya, bukan website/ olshop abal-abal yang ujung-ujungnya menipu.
6.      Cek n ricek
Sebelum memboyong pulang HP yang sudah dibeli, sempatkan untuk mengecek handphone tersebut di toko yang bersangkutan. Cek software, kondisi sound & speaker, kamera, dsb.


Oke sobat Tekino, itulah beberapa tips dalam membeli smartphone android. Jangan sampai setelah membaca ini sobat Tekino masih sembarangan beli handphone, asal lihat punya teman tampak bagus dan keren saja. jangan !!!

0 Response to "Tips Membeli Smartphone Baru"

Post a Comment

Terima kasih untuk kunjungannya. Silakan untuk menuliskan komentar yang relevan dengan isi artikel. Dilarang untuk memposting komentar yang berisi ujaran hate speech dan SARA. Dilarang juga untuk mempromosikan link-link berisi konten negatif. Komentar ini akan dimoderasi lebih dahulu, jadi pastikan Anda telah mematuhi aturan tersebut.