Recent Posts

Monday, February 9, 2015

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HP Cina

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HP Cina – Tren HP Cina di Indonesia bukanlah hal yang baru lagi. Mungkin sebagian besar masyarakat di Indonesia pernah memiliki dan menggunakan HP Cina. Merk HP Cina yang kita kenal di pasaran ada banyak sekali diantaranya yaitu Mito, Evercoss, Smartfren, dan juga Nexian yang memiliki reputasi baik dimata konsumen.

Entah darimana istilah HP Cina. Kenapa saya sebut istilah? Karena, HP Cina yang biasa kita sebut demikian, ada yang mengatakan bahwa ponsel-ponsel tersebut sebenarnya adalah HP lokal. Baca selengkapnya disini gan, HP Lokal yang Disangka buatan Cina.
Bagi yang pernah menggunakan HP Cina, mungkin kurang lebih paham dengan kemampuan ponsel-ponsel tersebut. Berikut Tekino sedikit mengulas tentang kelebihan dan kekurangan dari ponsel Cina.
Kelebihan HP Cina
·         Harga Terjangkau
Sudah bukan hal yang aneh lagi dan hampir semua orang tahu kelebihan HP Cina satu ini. Apalagi kalau bukan harga yang murah. Ponsel Cina dibanderol dengan harga yang sangat variatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
·         Desain Futuristik
Alasan kedua, HP Cina memiliki desain yang apik dan terkesan kokoh. Beberapa diantaranya ada yang memiliki desain mirip dengan ponsel-ponsel kelas premium. Meskipun pada dasarnya material yang digunakan kebanyakan masih plastik, dan mudah rusak.
·         Spesifikasi dewa
Meskipun dibanderol dengan harga yang relatif murah, nyatanya ponsel Cina ini dibekali dengan spec yang mumpuni. Dengan harga ratusan ribu saja kita bisa memboyong HP Cina baru dengan versi android minimal Jelly Bean, kamera min beresolusi 3 MP, dan spec lain yang menggiurkan.
·         Dukungan dual SIM Card
Jauh sebelum ponsel-ponsel premium seperti Samsung, Nokia, Xperia menggunakan teknologi dual SIM card, ponsel merk lokal-lah yang justru mempopulerkan jenis ponsel dual SIM card ini. Hampir semua HP Cina memiliki fitur dual SIM card, dan fitur ini sukses menarik minat konsumen untuk menggunakan ponsel Cina.

Kelemahan HP Cina
·         Fisik Mudah Rusak
Dibalik desain yang apik dan elegan, fisik HP Cina tergolong kurang awet. Dari mulai crome yang mudah terkelupas, LCD mudah pecah, baterai yang cepat drop, dan kerusakan fisik lain.
·         Service Center Terbatas
Sebagian besar HP merk lokal belum memiliki service center. Jikalau ada, maka jumlahnya pun terbatas dan hanya ada di kota-kota tertentu saja.
·         Dukungan software tidak maksimal
Meskipun dibekali operating system yang canggih, beberapa ponsel Cina belum bisa menghasilkan performa yang baik. Bahkan terkesan lemot dan mudah mengalami lag. Untuk mensetting GPRS pun kadang harus dilakukan secara manual.
·         Harga jual tidak stabil
Meskipun membeli HP Cina dengan harga jutaan, bisa jadi ketika dijual ulang harganya akan jatuh hingga setengah atau lebih dari harga pembeliannya.
Nah, sobat Tekino itulah beberapa kelebihan dan kekurangan HP merk lokal. Meskipun HP Cina dipandang sebelah mata, sekarang mereka mulai berinovasi pada produk-produknya. Mereka tetap bisa eksis dan bersaing dengan ponsel-ponsel merk branded di negerinya sendiri.
Baca juga:

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar
  1. Memang harus dipikir pikir dulu kalo mau membeli hape baru keluaran cina. untuk mempermudah dan supaya tidak menyesal nantinya baca Tips ini 7 Tips sebelum membeli hape baru http://cellullerbjm.blogspot.co.id/2017/07/sebelum-beli-hp-android-murah.html

    ReplyDelete

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.