Recent Posts

Sunday, September 28, 2014

[SHARE] Trik SEO Sederhana dan Mudah Untuk Blogger Pemula

Hai netters .... Kabar gembira, kulit durian sekarang ada ekstraknya lho !!!
Hehehe, manggis terus kan bosen, biar gag mainstream ganti sama durian aja.
Eh, ini mau ngomongin kulit durian apa kulit manggis sih? Haha....
Tenang, bukan dua-duanya kok.
Itu ... itu ... intermezzo aja kok sob.
Sesuai judul Tekino kali ini mau berbagi trik SEO bagi blogger pemula. Memberi trik SEO kayak gini bukan berarti Tekino sudah sepuh dan mahir dalam per-SEO-an, tapi ini sebagai catatan ane aja yang juga seorang blogger pemula. Yaa, sekedar sharing dan juga sebagai notes buat ane sendiri.
Jujur saja, ane bukan blogger yang mau ribet-ribet sama yang namanya SEO. Tapi ane juga gag mau meninggalkan SEO karena SEO itu juga penting. Buat apa content berkualitas tapi visitor sedikit, buat apa artikel bagus tapi tidak ada yang baca. So, never leave SEO optimization.
Belajar dari artikel blogger-blogger yang sudah senior yang membahas tentang SEO, ada beberapa poin penting yang harus dilakukan blogger untuk mengoptimalkan blog mereka di mesin pencari. Terlepas dari yang namanya utak-utik template dan html ya netters, karena itu bagian yang rumit buat ane dan jujur saja ane kurang paham, heee...
Dari pengamatan ane selama jadi reader, trik SEO yang sederhana dan mudah diterapkan pada blog newbie adalah sebagai berikut:
1.    Rajin Posting
Mungkin ini adalah cara yang tradisional, lama dan butuh kesabaran. Tapi cara ini sudah ane buktikan sendiri netters. Meskipun hanya satu artikel sehari, ane selalu nyempatin buat update konten. Butuh waktu sekitar 3 bulan untuk menaikkan angka alexa rank. Yang pada awal blog ane lahir angka alexa ada 8 digit sekarang tinggal 6 digit. Lumayan lah, tiap hari paling tidak ada pengunjungnya biar pun sedikit. Hehe...
2.    Internal Linking
Ini juga manjur. Beberapa kata ane kasih link, entah itu ke halaman blog sendiri atau ke halaman blog orang lain. Hasilnya, lumayan mendongkrak visitor blog lho netters.
3.    Pemilihan dan penempatan keyword
Tips dari ane [mengutip dari blogger senior sih], pasang keyword artikel di paragraf pertama entah itu keyword utama atau sinonimnya. Dan usahakan tiap paragraf berikutnya ada keyword lain yang bersinonim dengan keyword utama. kata yang menjadi keyword dibuat tebal, miring atau digaris bawah agar mudah ditemukan oleh search engine.
4.    Beri Tag Description
Selain menambahkan tag atau label, perlu juga kita tambahkan deskripsi pada artikel blog. Ini tips sepele tapi sangat penting dan ternyata ampuh untuk SEO. Coba mengetikkan salah satu keyword artikel ane di google, ternyata judul ane muncul di halaman pertama. Tahu rahasianya? Ternyata hal itu berkat tag description yang ane tambahkan di artikel ane. Dan gag cuma untuk satu artikel, tapi ini juga work di beberapa artikel ane yang lemah di keyword dan beberapa bagian lain. Jadi, menambahkan deskripsi penelusuran itu sangat disarnakan.

Note: ditulis berdasarkan pengalaman blogging dengan blog ane yang satu, bukan blog yang ini karena blog ini masih baru dan masih berproses. Tapi trik-trik di atas juga ane terapkan disini, hanya saja hasilnya belum kelihatan.
Udah, sementara itu dulu catatan SEO dari Tekino. Semoga bisa memberi manfaat bagi netters maupun ane sendiri. Barangkali suatu saat ane lupa cara yang pernah ane terapkan ini. Hehe...
Salam bloggers.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.