Tips Menghemat Baterai Pada Ponsel Android


Tips Menghemat Baterai Pada Ponsel Android – Android saat ini memang merajai pasar smartphone dunia. Disamping memiliki berbagai keunggulan, ponsel dengan OS android juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan yang sangat mudah dirasakan oleh pengguna smartphone adalah konsumsi baterai yang cukup tinggi. Tak heran memang, jika mengingat ponsel android memiliki banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi ke internet setiap saat. Tak hanya itu, untuk ponsel android yang canggih dengan performa yang apik tentu konsumsi baterai akan jauh lebih besar jika tidak diimbangi dengan kapasitas baterai yang mumpuni.
baterai-hp
Lalu apa saja cara untuk menghemat konsumsi baterai pada smartphone android? Berikut Tekino akan memberikan sedikit tips untuk sobat:
1.    Batasi Jumlah Aplikasi Yang Diinstal
Semakin banyak aplikasi yang disematkan pada smartphone android sobat, maka kinerjanya juga akan semakin berat. Terlebih lagi jika kapasitas memori internal hanya kecil. Belum lagi kapasitas RAM yang juga kecil. Pada umumnya, ponsel android mid-end mengusung RAM yang hanya berkapasitas 512 Mb. Tentu untuk menginstal banyak aplikasi dan menggunakannya secara multitasking sobat perlu lihat-lihat dulu apakah nanti ponsel jadi lemot atau tidak.
2.    Matikan Koneksi Internet Yang Tidak Perlu
Android memang memanjakan usernya untuk selalu terkoneksi dengan dunia maya. Tapi, hal ini tentu saja ada konsekuensinya, dimana baterai akan cepat habis. Untuk itu matikan koneksi dari beberapa aplikasi yang tidak begitu penting. Untuk aplikasi chatting, BBM, messenger, dsb. memang selalu butuh terkoneksi ke internet. Jika memang membutuhkan layanan chat sebaiknya gunakan aplikasi chat 1atau 2 saja tidak perlu kemaruk semua digunakan. Toh sobat juga akan ribet kalau semua aplikasi chat diaktifkan.
3.    Matikan Data Latar Belakang
Coba sobat tengok di menu setting, kemudian cari akun dan sinkronisasi. Jika sudah ketemu sobat lihat di opsi data latar belakang. Sobat bisa mematikan koneksi tersebut jika tidak diperlukan. Data latar belakang biasanya dibutuhkan untuk sinkronisasi email, play store, dsb. Nyalakan hanya ketika dibutuhkan saja. Untuk mengecek email solusinya bisa lewat browser, tentu ini lebih irit. Tapi jangan lupa, setelah selesai digunakan tutup aplikasi/ browser yang digunakan agar tidak terus-terusan on.
4.    Atur Sinyal
Smartphone apapun akan bekerja keras ketika dia sedang mencari sinyal. Kadang kita tidak memperhatikan jaringan apa yang tersetting di ponsel kita. Jika sobat berada di daerah dengan jaringan EDGE sementara smartphone sobat tersetting hanya untuk jaringan 3G (WCDMA only), selain smartphone sobat krisis sinyal juga menyebabkan baterai akan cepat down bahkan ponsel akan terasa cepat hangat.
5.    Batasi Pemakaian Game Dan Multimedia Player
Sobat hobi nge-game? Atau mendengarkan musik? Sebaiknya sobat batasi pemakaian untuk dua hal tersebut. Tentunya 2 hal tersebut sangat menguras energi baterai. Selain itu jika digunakan terus menerus, misal seharian digunakan untuk ngegame, bisa jadi ponsel sobat baterainya akan cepat bocor a.k.a jadi gampang drop. 
6.    Atur tingkat kecerahan layar
Ini kadang lupa untuk kita kerjakan, mengatur brightness. Semakin cerah (terang) layar ponsel sobat maka akan banyak mengonsumsi baterai. Solusinya, sobat bisa mengatur tingkat kecerahan layar di level paling bawah.
7.    Atur Getar
Jika mode ponsel sobat sudah berdering maka tidak perlu menambahnya dengan mode getar, kecuali pada saat silent. Karena silent tidak efisien, baterai juga mudah down. Apalagi kalau sobat di missed called oleh penggemar berulang-ulang bisa panas ponsel sobat.
8.    Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kamera
Bagi yang suka selfie, mungkin ini sedikit menyiksa. Tapi, hidup itu pilihan. Ingin baterai awet atau ingin eksis, silakan sobat tentukan sendiri, hehe..

Well, itu saja tips-tips sederhana agar baterai HP android bisa tahan lama. Ada tips lain? Silakan share di kolom komentar.

Advertisement

0 Response to "Tips Menghemat Baterai Pada Ponsel Android"

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan coretan di kolom komentar. Silakan sobat menuliskan pesan, kesan, kritik maupun pertanyaan terkait artikel di atas. terima kasih.