Recent Posts

Saturday, July 5, 2014

Tips Cara Menggunakan Autofocus Pada Kamera Smartphone

Tips Cara Menggunakan Autofocus Pada Kamera Smartphone – Fotografi ponsel memang semakin marak. Terlebih dengan dukungan teknologi yang kian berkembang. Kalau dulu kamera ponsel cukup dengan resolusi tinggi dan gambar yang jernih, kini sudah berkembang pada kualitas kamera yang disetarakan dengan teknologi DSLR. Mode focus misalnya. Pada smartphone keluaran terbaru banyak yang mengusung kamera dengan fitur autofocus. Hal ini tentu sangat menarik para pecinta fotografi ponsel.  

Untuk itu, kali ini bi-tech akan membahas tentang penggunaan fitur autofokus pada kamera HP agar sobat bi-tech bisa memanfaatkan fitur tersebut secara maksimal untuk hasil jepretan yang berkualitas.


1.    Fotografi makro
Tips-Cara-Menggunakan-Autofocus-Pada-Kamera-Smartphone
Sobat perlu tahu, efek dari fitur autofocus akan sangat work ketika digunakan untuk memotret objek pada mode makro. Apa itu mode makro? Yaitu mode pengambilan gambar untuk objek yang kecil/dekat agar terlihat besar/ jelas. Dengan adanya fitur autofocus objek yang dibidik akan terlihat sangat jelas sementara objek lain yang letaknya jauh akan menjadi blur.


2.    Perhatikan jarak
Tidak selamanya efek dari auotofokus akan bekerja dengan baik. Pada objek yang letaknya jauh, semua akan menjadi fokus. Berbeda dengan mode makro tadi. Jadi, untuk mengambil foto objek yang jauh gunakan mode autofocus biasa tidak perlu diubah ke makro karena hasilnya akan blur semua.

3.    Gunakan LED Flash seperlunya
Penggunaan LED flash yang tidak tepat justru akan menghasilkan gambar yang buruk. Pada saat pencahayaan baik (cukup terang) sebaiknya tidak perlu menyalakan LED flash, cukup gunakan pada saat gelas atau minim cahaya.

4.    Sudut pengambilan
Selain pencahayaan dan jarak yang juga harus diperhatikan adalah sudut pengambilan. Agar gambar yang dihasilkan berkualitas, perhatikan dari sudut mana sobat membidik agar hasilnya bisa artistik.
Tips-Cara-Menggunakan-Autofocus-Pada-Kamera-Smartphone


5.    Backlight
Tips-Cara-Menggunakan-Autofocus-Pada-Kamera-SmartphoneAgar gambar tidak gelap kita perlu memahami posisi objek dan sumber cahaya. Agar tidak terjadi efek backlight objek harus berhadapan dengan sumber cahaya jangan sampai membelakangi sumber cahaya. Kecuali kalau memang dikehendaki backlight.

Oke, itu saja tips penggunaan autofokus pada kamera handphone. Semoga bermanfaat.


    Choose :
  • OR
  • To comment
2 comments:
Write komentar

Menerima komentar bermutu. Tuliskan di kolom berikut.