Membuat Efek Macro Ala DSLR Dengan Kamera Ponsel


Membuat Efek Macro Ala DSLR Dengan Kamera Ponsel – Dunia fotografi memang terus menarik banyak peminat. Tak terkecuali penulis sendiri. Sayangnya, tidak semua mampu untuk membeli kamera profesional sekelas DSLR. Solusinya, sekedar untuk menyalurkan minat terpendam kamera HP pun tak masalah untuk jepret sana jepret sini.
Kalau dibandingkan, tentu gambar yang dihasilkan sangat jauuuuuuh berbeda. Kamera HP kebanyakan hanya cukup untuk selfie dan mengabadikan moment ala kadarnya. Tapi, belakangan mulai muncul teknologi baru yang disematkan pada smartphone-smartphone keluaran anyar. Apakah itu? Sobat pasti tahulah dan tidak asing dengan fitur autofocus pada kamera HP.  Ditambah pula dengan hadirnya macro mode, rasanya semakin menambah lengkap gairah untuk memiliki smartphone dengan kamera yang layak untuk fotografi pemula ini.
Smartphone canggih yang sekarang beredar di pasaran sudah banyak yang mengusung teknologi kamera canggih. Tidak hanya resolusinya saja yang menjadi persaingan, tapi teknologi ala DSLR-nya pun kini semakin dikembangkan para produsen smatrphone.
Tapi bagaimanapun juga, untuk mendapatkan kamera ponsel dengan kualitas kamera setara DSLR, tentu butuh budget yang tidak sedikit. Untuk smartphone kelas mid-end meskipun dilengkapi berbagai fitur yang sama seperti autofocus, macro mode, LED flash, dsb., tetap saja hasilnya tidak akan semaksimal ponsel mahal. Terlebih pada efek blur-nya, tidak akan sebagus kamera ponsel di atas 2 jutaan.
Tapi sobat Tekino tak perlu kawatir, selalu ada solusi di tengah-tengah kesempitan dompet. Apa itu solusinya?
Sekedar menyalurkan minat di bidang fotografi, khususnya fotografi HP/ ponsel ada lensa khusus yang dirancang untuk memberi efek macro pada kamera HP sobat.  Lensa ini merupakan lensa luar yang bisa dibongkar-pasang sesuai keinginan. Hasilnya seperti di bawah:


Hampir tidak percaya bukan kalau itu hasil jepretan kamera HP yang sekelas kamera profesional?
Jenis lensa okuler untuk kamera HP ini sebenarnya tidak hanya menawarkan efek macro, ada pula yang memberikan efek fish eye (mata ikan), efek wide (kedalaman) dan juga tele (zoom). Bentuk lensa luar ini seperti apa sih? Ini dia penampakannya sob..

Ada yang ditempel menggunakan magnet ada juga yang dijepit dengan klip. Khusus untuk lensa tele biasanya menggunakan minipod atau tripod. Dapat lensa seperti itu darimana gan? Ada di halaman berikut sobat. Untuk harga, lensa okuler untuk kamera ponsel ini berkisar 100 – 300 ribu rupiah, tergantung jenisnya. Jadi, untuk berfotografi tidak perlu modal mahal sampai jutaan bukan?

Advertisement

3 Responses to "Membuat Efek Macro Ala DSLR Dengan Kamera Ponsel"

  1. Letakan telepon genggam dan angkat kepala sebab, terlalu lama menunduk saat mengoperasikan handphone dapat membahayakan punggung atau tulang belakang Anda – Referensi: udoctor.co.id

    ReplyDelete
  2. Mas bro.., kok setelah ane pakai lensa macro, smartphone ku jadi gk bisa normal lagi ya? ada blur2 gitu di fotonya, padahal udah diem pas nangkap objeknya.. gimana nih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. objeknya jauh apa deket, kalo jauh ya jelas aja blur

      Delete

Pembaca yang baik akan meninggalkan coretan di kolom komentar. Silakan sobat menuliskan pesan, kesan, kritik maupun pertanyaan terkait artikel di atas. terima kasih.