Jenis dan Tipe layar pada handphone


Jenis dan Tipe layar pada handphone – Teknologi telepon selular terus berkembang. Tidak hanya fitur yang semakin canggih, tapi dari segi fisik pun banyak yang mengalami perubahan. Jenis layar yang digunakan misal. Jika ponsel jaman dulu masih menggunakan layar monochrome, kini telah banyak produsen ponsel yang membekali ponsel anyarnya dengan berbagai jenis atau tipe layar yang canggih. Berikut macam-macam tipe layar pada handphone (HP) : 
1.    Monochrome
Monochrome adalah layar jenis LCD yang sering kita jumpai pada handphone-handphone lawas. Pertama kali handphone lahir ke dunia memakai layar jenis LCD Monochrome ini. Tampilan layar LCD nampak hanya terdiri dari 2 jenis warna, yaitu hitam dan putih. Cara kerja monochrome di layar handphone untuk menghitamkan pixel adalah dengan memblokir cahaya yang akan keluar. Selain digunakan pada handphone, layar jenis monochrome ini sering dipakai pada kalkulator, jam digital. Keunggulan yang paling menonjol dari handphone dengan layar jenis monochrome adalah konsumsi daya yang sangat rendah, sehingga baterai yang dipakai akan bertahan sangat lama.
2.    STN dan CSTN
      Terobosan baru saat itu pada saat layar monochrome menjadi primadona adalah lahirnya layar berwarna. Jenis layar berwarna pertama saat itu diberinama STN (Super Twisted Nematic). Layar STN saat itu masih memiliki kelemahan-kelamahan, diantaranya kualitas tampilan kurang optimal, respon lambat. Kemudian diperbaharui sehingga muncullah layar jenis LCD baru dengan nama CSTN (Color Super Twisted Nematic). Layar CSTN ini merupakan jenis layar yang ditujukan untuk perbaikan tipe sebelumnya, Layar STN. Layar CSTN memiliki respon dan ketajaman warna yang lebih baik dibanding layar STN sehingga mendekati kemampuan layar TFT (dibahas selanjutnya). STN dan CST termasuk ke dalam layar LCD jenis Passice-Matrix Color Display.
3.    LCD
      LCD atau Liquid Crystal Display telah digunakan sebagai layar berbagai macam perangkat selama berpuluh-puluh tahun, mulai dari monitor komputer, layar smartphone, sampai jam tangan.
    Sesuai namanya, layar LCD menggunakan medium kristal cair yang diselipkan diantara beberapa panel kaca atau material transparan lain. Ketika dilihat dari jarak sangat dekat, tampak unit-unit pixel berwarna merah, hijau, dan biru yang menyusun tampilan gambar pada layar LCD. Layar LCD mampu mereproduksi warna dengan sangat realistik, tetapi memerlukan lampu penerang tambahan (backlight) karena tidak menghasilkan cahaya sendiri.
4.    TFT
      Jenis Layar handphone TFT adalah tipe layar jenis LCD berwarna terbaru yang mampu menghadirkan ketajaman warna lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. TFT LCD singkatan dari Thin Film Transistor, menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Hal itulah yang membuat layar LCD TFT ini terlihat lebih tajam dalam warna, terang, dan respon yang sangat cepat. Kelemahan yang dimiliki layar LCD jenis TFT ini adalah relatif lebih mahal dan konsumsi baterai lebih besar. Meskipun begitu layar LCD jenis TFT masih menjadi pilihan utama dan paling banyak dipakai pada perangkat handphone dan smartphone sampai saat ini.
5.    TFD
      Layar LCD jenis TFD masih termasuk kedalam layar tipe Active-Matrix Color Display. Sama halnya dengan TFT, TFD (Thin Film Diode) menempatkan diode pada setiap piksel layar. Layar jenis TFD ini bisa dibilang lebih baik dibanding TFT dalam segi respon dan ketajaman. 



6.    IPS
      Teknologi In-Plane Switching (IPS) memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan sudut pandang optimal yang lebih luas. Sehingga handphone yang memiliki layar berteknologi IPS mampu dilihat secara baik dari sudut mana saja. Salah satu perangkat paling ‘heboh’ yang memakai teknologi ini adalah iPhone dengan layar Retina Display nya. Saat ini banyak perangkat smartphone dan komputer tablet yang menggunakan teknologi LCD IPS ini pada layarnya.

      IPS atau disebut juga teknologi Super TFT memang lebih terang dari layar TFT konvensional. Bahkan performanya bisa mendekati AMOLED karena adanya backlight yang sangat kuat dibelakangnya. Tapi backlight backlight yang lebih terang membutuhkan konsumsi daya yang sangat tinggi, oleh karena itu sangat jarang vendor yang mau menggunakan layar IPS.
      Kelebihan lainnya dari IPS adalah memiliki tampilan terbaik dari berbagai sudut pandang grafis dan sangat akurat dalam menampilkan warna maupun gambar di layar.

7. OLED
     Sementara layar OLED (Organic Light Emitting Diode) yang juga dikenal OEL (Organic Electro Luminenscence) dan LEP (Light Emitting Polymer). OLED adalah teknologi layar generasi baru yang terdiri atas titik-titik polyer organik yang memancarkan cahaya ketika diisi listrik. Jika dibandingkan dengan LCD, layar OLED mempunyai kelebihan yaitu tipis, ringan, terang, murah dan konsumsi daya lebih sedikit karena tidak butuh cahaya belakang (backlight). Kelemahan layar jenis ini adalah sulit dilihat ketika berada di bawah matahari.

8.    AMOLED
      Teknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan perpaduan antara teknologi OLED dengan active matrix TFT LCD konvensional. AMOLED membuat waktu respons yang lebih cepat ketika piksel berubah dari posisi on dan off. Ponsel yang sudah menggunakan layar ini antara lain Nokia N86 8MP, Samsung S8300, Samsung S8003 Jet, serta beberapa ponsel android kelas atas lainnya.
9.    Super AMOLED
    Hanya perbaikan dari tipe AMOLED, perbaikan ini pertama kali dilakukan oleh pihak samsung, yang mereka lakukan adalah perbaikan pada kejelasan gambar dan tulisan pada layar jika dilihat dibawah sinar matahari. Untuk saat ini, didunia smartphone Layar Tipe S-Amoled inilah teknologi terbaru yang paling keren, biasanya digunakan untuk smartphone kelas VIP.

10. NOVA
   NOVA merupakan layar LCD hasil pengembangan LG yang digunakan untuk ponsel Optimus Black, NOVA menawarkan kecerahan yang meningkat akan tetapi sangat hemat energy.

Advertisement

0 Response to "Jenis dan Tipe layar pada handphone"

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan coretan di kolom komentar. Silakan sobat menuliskan pesan, kesan, kritik maupun pertanyaan terkait artikel di atas. terima kasih.