[Review] Kelebihan Dan Kekurangan Acer Liquid Z4 (Z160)





acer-liquid-z4

[Review] Kelebihan Dan Kekurangan Acer Liquid Z4 (Z160)  Sobat bi-tech, pada kesempatan kali ini bi-techno akan membahas tentang Acer Liquid Z4, bagaimana spesifikasi, keunggulan serta kekurangannya. Acer Liquid Z4 merupakan produk hangat yang baru dirilis bulan April 2014 lalu. Dengan harga yang terjangkau yaitu di bawah satu juta, Acer Liquid Z4 dibekali fitur-fitur yang cukup lengkap sebanding dengan smartphone android 2 jutaan.

Design dan Build in Quality
Body terbuat dari plastik dimana bagian depan glossy dan bagian belakang dibuat matte. Ketebalan 9,7 mm dan berat 130 gram terasa mantap ketika dipegang. Tombol fisik tampak solid dan kokoh. Di bagian luar ada LED notif. Terdapat juga tombol rapid button, yaitu tombol shortcut di bagiann belakang yang dipakai untuk shortcut kamera, musik, panggilan telepon, dll.

Display
Layar berukuran cukup lebar yaitu 4 inch dengan resolusi 480 x 800 pixel (kerapatan 233 dpi). Layar terbilang cukup jernih dan nyaman untuk dilihat meskipun masih berjenis TFT. Padahal untuk ponsel android sekelasnya sudah banyak yang memakai teknologi IPS dan juga belum dilengkapi dengan gorilla glass. Tapi bisa dimaklumi mengingat harganya yang sekian.

Baterai
Salah satu keunggulan Acer Liquid Z4, yaitu daya tahan baterai yang cukup awet meskipun hanya berkapasitas 1630 mAh. Untuk pemakaian game, video, data on, ponsel ini mampu bertahan seharian.

Performa
Pada Acer Liquid Z4 ini sudah  dibenamkan OS android Jelly Bean. Kalau sobat bi-tech mencari android murah dibawah 1 juta dengan OS android yang sudah Jelly Bean maka Acer Liquid Z4 adalah jawabannya. Dengan kapasitas RAM 512 MB, terbilang masih kecil mengingat spesifikasi yang diusungnya cukup tinggi. Meskipun begitu, kinerja ponsel ini ketika dipakai bermultitasking masih terbilang smooth, sangat smooth malah.

Audio      
Sound dan speaker ponsel ini jernih dan keras. Hanya saja minus pada headset yang output soundnya kurang memuaskan untuk memutar MP3, lebih cocok untuk telepon saja.

Kamera
Kamera itu penting juga sebagai pertimbangan ketika hendak membeli ponsel. Khususnya bagi yang hobi fotografi ponsel. Jangan kawatir, Acer Liquid Z4 ini dibekali kamera yang beresolusi 5 MP dengan fitur autofokus dan LED flash. Hasil jepretan kameranya juga cukup memuaskan, beranilah kalau diadu dengan ponsel 2 jutaan. sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan kamera depan.

Ini dia hasil jepretan kamera Acer Liquid Z4 (Z160)
Spoiler for sumber


hasil-jepretan-kamera-acer-liquid-z4
outdoor
hasil-jepretan-kamera-acer-liquid-z4
indoor, 100% gelap, flash on
hasil-jepretan-kamera-acer-liquid-z4
autofocus




Spesifikasi lengkap Acer Liquid Z4



Harga Baru
Rp. 999,000.00
TAHUN
Tahun
2014
GENERAL
Network
LAYAR
Tipe
Ukuran
480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)
AUDIO
Fitur
Vibration, MP3, WAV ringtones
Jack
3,5 mm Jack Audio
Speakerphone
Ya
MEMORY
Internal
4 GB storage, 512MB RAM
Eksternal
microSD, up to 32 GB
DATA
3G
HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
EDGE
Ya
GPRS
Ya
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
v3.0 with A2DP
USB/Port
microUSB v2.0
KAMERA
Primer
5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
Video Record
Ya
FITUR
OS
Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
CPU
Mediatek MT6572 Dual-core 1.3 GHz, GPU Mali-400
Browser
HTML
GPS
A-GPS
Messaging
SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Fitur Tambahan
Java, Radio FM, Calculator, World Clock, Calendar, Alarm,
FITUR LAIN
Video Player
MP4/H.264/H.263 player
MP3 Player
MP3/WAV/eAAC+ player


Kesimpulan:
Acer Liquid Z4 ini merupakan smartphone murah tapi tidak murahan alias berkualitas. Layak untuk dibeli, melihat kelebihannya yang lebih banyak daripada kekurangannya. 

Advertisement

3 Responses to "[Review] Kelebihan Dan Kekurangan Acer Liquid Z4 (Z160)"

  1. Acer z160 emang bagus ya, tapi sayang kok punyaku sering error itu aja masalahnya. Juga untuk multi taskting terbilang lambat si, ndak smooth juga. Tapi untuk kamera memang saya akui bagus. Sekelas dengan vendor samsung malahan. Kalau terbilang speaker ya bagus, jernih, tapi sayang sebenarnya kurang keras. Baterainya ya lumayan, tapi kalau sudah berumur akan mudah drop meskipun diawet" sekalipun. Yan emang persis lah kaya kualitas baterai laptop acer yang kalau dah berumur pasti cepetan drop. Trima kasih gan, tapi saya suka. Desainnya juga enak, gak pasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk komentar sekaligus review mas sony. saya juga pake acer z160 ini. kurang lebih sama dengan pengalaman mas sony. terlepas dari kekurangan yang dimiliki, acer z160 terbilang berkualitas dan dapat diandalkan. meskipun sekarang performanya mulai turun seperti gampang drop, sering lemot, dsb.

      Delete
  2. Acer z160 memang bagus, apalagi desainnya yang unik, ga pasaran. Untuk kameranya juga sangat bagus malahan, setara dengan vendor samsung. Dan untuk punya saya (z160) itu masalahnya sering error aja juga IMEInya tidak valid, ya Puji Tuhan sekarang sudah bisa diatasi. Nah untuk multi taskting, menurut saya kurang smooth dan malahan biasa terjadi lag. Maklum si untuk RAM setengah giga yang sisa cuma kisaran 100MB aja.tapi ya cukup lah, dah dual core dan ndak single core itu dah lumayan. Dan untuk baterai, memang irit, namun kalau sudah berumur itu makin lama makin ngedrop dengan sendirinya (seperti kualitas baterai laptop acernya) meskipun sudah diawet awet memakainya. Dan yang jadi kendala untuk Z160 inidi onderdilnya itu juga sulit dijumpai. Di daerah saya, cari baterai aja susah. Ya kesimpulannya z160 ndak buruk" amat (terbilang bagus lah) mengingat di pasarkan sebagai produk low entry

    ReplyDelete

Pembaca yang baik akan meninggalkan coretan di kolom komentar. Silakan sobat menuliskan pesan, kesan, kritik maupun pertanyaan terkait artikel di atas. terima kasih.